Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu jenis rempah yang tumbuh di indonesia. Manfaat temulawak untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Temulawak
Manfaat Temulawak

Bicara mengenai rempah-rempah, daya tarik rempah indonesia bahkan sudah terdengan gaungannya sejak dulu, faktor ini pulalah yang mendorong belanda untuk memonopoli perdagangan di indonesia.

Kandungan Temulawak

Penelitian mengtakan bahwa temulawak mengandung banyak sekali nutrisi penting yang butuh oleh tubuh. Kandungan utama temulawak adalah tepung. Semakin tinggi tumbuh temulawak, maka tepungnya akan semakin rendah, terdapat juga kandungan seperti karbohidrat,lemat,protein,kalium,natrium,magnesium,zat besi,mangan,kadium,kurkunin,minyak atsiri, kurkuminoid, dan mineral lainnya. Temulawak banyak di jadikan sebagai obat untuk mengobati berbgai macam penyakit. temulawak sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalamnya seperti fallandrean dan turmerol atau yang sering di sebuta minyak menguap. Berikut Manfaat Temulawak.

Manfaat Temulawak Untuk kesehatan

1. Menurunkan Lemak Darah

Ektrak temulawak dan juga faksi kurkuminoidnya mampu menurunkan kadar kolesterol total,trigliserida dan juga meningkan kadar HDL pada kolesterol, komponen yang berperan dalam menurunkan kadar lemak darah ialah kurkuminoid.

2. Mengatasi kanker

Temulawak juga efektif dalam mengatasi kanker, seperti kanker payudara, usus,dan prostat. Dari jurnal ilmiah “The Prostate”, diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical center menjelaskan hal tersebut dengan membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

3. Memelihara Fungsi hati

Manfaat temulawak untuk kesehatan hati sangat baik, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatanya dengan mengkonsumsi temulawak. Temu lawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temu lawak mengandung katagoda. Katagoda ini yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan dan juga memberi rangsangan agar menyongsong empedu.

4. Mengurangi radang sendi

Temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan anda, terutama untuk mengurangi radang sendi.

5. Mengatasi Penyakit Maag

Untuk mengatasi pentyakit maag, siapkan 1 rimpang temulawak, cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis lalu rebus menggunakan air 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

6. Menyehatkan Jantung

Temu lawak ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh anda, tida terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Mengatasi Gangguan Ginjal

Khasiat temulawak tidak perlu di ragukan lagi, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik. caranya yaitu, dengan menyiapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya.
Cuci bersih semua bahan kecuali gula batu, temulawak diiris tipis-tipis. Campur semua bahan kemudian rebus menggunakan air sekitar 1000ml. Setelah mendidih tunggu hingga air yang tertinggal hanya tinggal setengahnya, angkat dan saring airnya. Gunakan airnya untuk diminum secara rutin setiap harinya.

Selain 7 hal di atas, temulawak juga dapat berperan dalam berbagai bidang kesehatan seperti :

  • Sebagai Antioksidan
  • Mencegah darah kotor
  • Melancarkan haid
  • Obat untuk jerawat
  • Obat untuk komedo
  • Membersihkan wajah
  • bahan herbal kecantikan
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah insomnia

itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang anda harus ketahui.

Efek Samping Temulawak

Temulawak tampak aman bagi kebanyakan orang ketika digunakan pada jangka waktu yang singkat, hingga 18 minggu. Tapi temulawak mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau dalam jangka waktu yang lama. hal itu dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Peringatan khusus pada pemakian oleh ibu hamil menyusui, karena tidak cukup diketahui tentang penggunaan temulawak ini selama kehamilan dan menyusui. Tetap agar lebih aman hindari penggunaannya.

Demikian manfaat temulawak untuk kesehatan beserta dengan efek sampingnya. Satu hal yang perlu diingat, meskipun temulawak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia, mengonsumsinya harus dilakukan dengan pengawasan dokter guna menghindari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *