Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Siapa yang tidak Mengenal Tanaman Kumis kucing selain memiliki bunga yang indah juga memiliki banyak khasiat dalam mengobati bermacam penyakit dan dijadikan salah satu tanaman hias sekaligus tanaman obat . kumis kucing sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tanaman yang mempunyai nama latin Orthosiphonin aristatus ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat dan banyak manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. salah satunya Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal.

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal
Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Kumis kucing adalah tanaman yang berbentuk semak yang memiliki batang basah biasanya kumis kucing ini memiliki tinggi sampai 1,5 meter. Kumis kucing dapat tumbuh di tempat-tempat yang kering ataupun tempat-tempat yang basah, kumis kucing juga harus ditanam dalam ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Adapun beberapa ciri-ciri kumis kucing adalah kumis kucing memiliki daun yang berbentuk telur taji, bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih ataupun umum tepi daun tanaman ini memiliki tepi daun yang bergerigi kasar.

Manfaat Kumis Kucing

Kumis kucing mempunyai bunga yang khas. Berwarna ungu keputih-putihan, bunganya tersusun seperti pucuk cemara. Pada pangkalnya ada benang benang halus mirip kumis kucing . Daun kumis kucing memiliki kandungan zat zat aktif yang bermanfaat sebagai obat, salah satunya yaitu rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinsensetin, orthosiphol srta orthosiphon. Beberapa zat ini mempunyai peran sebagai anti radang serta anti oksidan.

Penelitian terkini di Asia Tenggara dengan percobaan selama 1-6 bulan, menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi teh daun kumis kucing yang dibuat dari 4 gram daun kering yang dicampur 750 ml air mendidih, dirilis kemih 0.5 cm batu dalam ukuran untuk 40% dari pasien, dan lain 20% dari pasien menemukan bahwa semua rasa sakit yang sering dirasakan pada penderita batu ginjal hilang. Dalam sebuah penelitian serupa, sekitar di 20% dari pasien dengan keluhan ginjal lainnya sembuh dan pasien bebas dari rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Kumis kucing juga digunakan untuk mengobati penyakit atau masalah ginjal dan kandung kemih karena tida diunerik. Hal ini diyakini memiliki sifat anti hipertensi dan anti-inflasmasi, yang mengapa praktisi herbal telah menggunakan ramuan ini untuk mengurangi gejala nyeri sendi dan rematik. Hal ini juga menunjukan aktivitas antimikroba yang cukup. tida heran kalau ramuan ini di gunakan diberbagai minuman detoksifikasi atau peroduk yang di gunakan untuk merangsang atau meningkatkan aliran urin.

Hampir semua tanaman ini bisa dijadikan obat, mulai dari daun, bunga hingga batang. Daun adalah bagian yang paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Ramuan tersebut bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering.

Selain untuk pengobatan ginjal, daun ini juga sering digunakan untuk pengobatan lainnya. Seperti asam urat, hipertensi, diabetes, dan penyakit lainnya.

Baca Juga Cara Mengobati Batu Ginjal

Cara Mengobati penyakit batu ginjal dengan kumis kucing

Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari tanaman kumis kucing untuk dapat memperlancar pengeluaran air kemih kita.
Siapkan bahan berikut :

  • Kumis Kucing 30 gram
  • Akar Alang-alang 30 gram
  • Meniran 30 gram
  • Daun keji beling 30 gram
  • Air 600 mil

Semua bahan tersebut dicuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan air sebanyak kira-kira sebanyak tiga gelas. Tunggu hingga air mendidih sampai air tersisa kira-kira 1,5 gelas saja. Kemudian air ramuan tersebut diminum 3x dalam sehari sebanyak setengah gelas. Penggunaannya bisa tunggal atau dicampur dengan berbagai jenis herbal lainnya. Berhubung kumis kucing sebagaimana berbagai tanaman obat tradisional yang lain tidak memiliki efek samping, maka kumis kucing bisa diminum pula dengan dosis yang lebih dari yang biasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *