Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan

Pasti sudah tahukan berotowali? Ya, Brotowali adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan mupun di hutan. Tanaman ini bisa di temukan diseluruh daerah Indonesia, terutama di pulau jawa, Bali, dan juga Ambon. Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan
Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan

Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat mulai dari daun, batang dan akarnya.
Tanaman ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit. Brotowali juga memiliki sifat seperti analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit, alkaloid atau flavonoid sebagai antiinfertilitas alami, antioksidan sebagai perlindungan dari radikal bebas, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya kandungan yang terdapat dalam brotowali akan dapat memberikan manfaat baik jika diolah dan dimanfaatkan dengan baik, namun akan memberikan efek samping jika penggunaannya tidak sesuai prosedur atau berlebihan.

Berikut ini Beberapa Manfaat Brotowali Dan efek samping Brotowali untuk kesehatan:

  • Mengobati Demam

Gunakan resep berikut: Ambil 3 gram batang brotowali, 6 gram daun sembung, 4 gram daun kumis kucing, 4 gram rimpang lengkuas. Campurkan semua herba kedalam 100 ml air dan rebus hingga menjadi 100 ml. Takaran 50 ml sekali minum per hari.

  • Mengobati Rematik

Gunakan resep berikut: ambil 2 gram batang bratawali, 7 gram rimpang kencur, 2 gram seledri, 5 gram daun jambu monyet muda. Masukkan seluruhnya kedalam 300 ml air dan rebus hingga menjadi 100 ml. Ramuan diminum sekali sehari sebanyak 100 ml.

  • Mengobati Gatal-gatal pada Kulit

Ambil batang brotowali secukupnya. Masukkan kedalam 2 liter air dan rebus sampai mendidih selama 15 menit. Gunakan air rebusan untuk merendam bagian yang gatal. Untuk perawatan wajah dan jerawat, cuci wajah dengan air rebusan sebelum tidur.

  • Mengobati Diabetes

Rebus batang brotowali dan daun sambiloto, serta daun kumis kucing, dengan perbandingan 1:1 untuk takaran segelas air. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara rutin.

  • Mengobati Diare

mengkonsumsi air rebusan brotowali secara rutin dipercaya mampu membantu meredakan keluhan diare. Hal ini dikarenakan brotowali memiliki efek menghentikan pertumbuhan salmonella typhi yaitu bakteri penyebab diare.

  • Anti Tumor

Seorang ahli tumor yang berasal dari India, paa tahun 1998 mengadakan uji coba pada seekor tikus dengan menggunakan ekstrak brotowali. Hasilnya menunjukkan bahwa manfaat brotowali memiliki sifat sitotoksik terhadap kanker serviks yang hampir sama dengan obat yang digunakan untuk mengatasi tumor. Sementara itu penelitian pada manusia menunjukkan bahwa ekstrak brotowali dapat mengobati kanker hati.

  • Menyembuhkan Hepatitis

Hepatitis atau disebut juga dengan penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya bilirubin dalam tubuh. Ciri paling khas dari penyakit ini adalah kuku dan mata yang mulai menguning. Jika tak segera diatasi, penyakit kuning dapat mengancam nyawa penderitanya.

  • Mengobati Malaria

Meminum ramuan brotowali 3 kali dalam sehari dapat menjadi obat malaria yang paling ampuh. Tak hanya itu, air rebusan brotowali juga akan meringankan nyeri sendi ketika malaria kambuh.

Selain manfaat Brotowali Untuk Kesehatan dan khasiat batang brotowali yang bisa didapatkan, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Adapun efek samping brotowali yang perlu diwaspadai adalah penurunan nafsu makan jika dikonsumsi secara berlebihan, gangguan pertumbuhan janin, penyakit autoimun serta meningkatnya cairan empedu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *