Manfaat Akar Alang Alang

Manfaat Akar Alang Alang

Manfaat Akar Alang Alang
Manfaat Akar Alang Alang

Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi karena sering digunakan sebagai salah satu bahan membuat obat tradisional. Tanaman ini sering menjadi gulma bagi tanaman pertanian. Ada banyak Manfaat Akar Alang Alang bagi kesehatan dan pengobatan terutama pada bagian akarnya. Alang-alang kaya akan kandungan baik yang sangat berguna untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Salah satunya yaitu mengandung imperanene, zat tersebut mampu menghambat sel pembeku darah, sehingga tanaman ini mampu mencegah penyakit jantung. Tanaman alang-alang juga mengandung unsur kimia alami seperti asam sitrat, asam malic, glukosa, arundoin, fernerol, simiarenol, saponin, alkali, polifenol, esin dan juga silindrin. Kandungan tersebut terdapat pada bagian akar, batang dan juga bunga. Maka jangan heran jika alang-alang seringkali digunakan sebagai pengobatan tradisional. Namun tak hanya itu saja manfaat akar alang-alang.

  • Mengobati Radang Paru-paru

Sediakan bahan-bahan alami seperti 500 gram akar alang-alang, 10 kuntum bunga melati kering, 5 lembar daun sembung, dan sedikit garam. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian saring. Airnya dapat diminum untuk 2 kali pemakaian, di pagi dan sore hari.

  • Obat Radang Hati

Tidak hanya ampuh mengatasi radang ginjal, beberapa penyakit radang atau pendarahan pada organ vital lainnya juga manjur disembuhkan oleh akar alang-alang. Caranya siapkan akar ilalang secukupnya, rebus dan diminum secara rutin.

  • Obati Radang Ginjal

Pengobatan dari akar ilalang jika sudah berurusan dengan masalah ginjal sangatlah manjur, bahkan ampuh mengatasi radang ginjal parah sekalipun. Sama halnya dengan cara diatas, siapkan 30 gr atau secukupkan akar ilalang, potong kecil-kecil rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari. Namun tetap mengecek keadaan penyakit Anda.

  • Mengobati kencing darah

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah untuk mengobati kencing darah. Kencing darah adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyiksa. Cara membuat ramuan untuk mengobati kencing darah adalah, ambil bebebrapa gram akar alang-alang, cuci bersih lalu potong kecil-kecil. Setelah itu rebus akar tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih, saring untuk memisahkan air rebusan dan ampas. Minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

  • Obat keputihan

Keputihan merupakan masalah wanita yang paling umum. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan jenis tanaman obat yang satu ini. Caranya pun hampir sama dengan lainnya, akan tetapi untuk mengobatai keputihan, Anda harus menambahkan bahan alami lainnya seperti daun pepaya dan pulasari. Rebus semuanya menjadi satu hingga mendidih. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

  • Sebagai obat mimisan

Selain menggunakan daun sirih ternyata akar alang-alang dapat digunakan untuk mengobati mimisan, cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan akar alang-alang yang masih segar kemudian bersih karena Akar alang-alang tersebut, setelah akar alang-alang dibersihkan langkah selanjutnya adalah menumbuk akar alang-alang lalu peraslah tumbukan Akar alang-alang tersebut hingga Anda mendapatkan sari dari tumbuhan akar alang-alang.

Manfaat dan Khasiat Akar Alang-Alang Lainnya:

  • Obat Batu Ginjal
  • Obat Kencing Batu
  • Mengobati Keputihan
  • Mengatasi Penyakit Prostat
  • Obat Batuk Rejan
  • Obat Penyakit Campak
  • Obat Asma
  • Mengobati Demam
  • Ampuh Atasi Masalah Urat Saraf
  • Obat Jantung Koroner

Efek samping akar alang-alang diantaranya mengalami pusing dan mual, dan peningkatan perasaan ingin buang air besar. Jika pemakaian sesuai aturan, penggunaan herbal akar alang-alang tidak memiliki efek toksik. penggunaan yang sesuai aturan sangat menentukan kesembuhan penderita penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *